Senin, 03 Desember 2012

Sensor Ultrasonik SRF 04 (1)

Sensor Ultrasonik SRF 04 (1)


Gambar 2.15
SRF04 adalah sensor non-kontak pengukur jarak menggunakan ultrasonik. Prinsip kerja sensor ini adalah transmitter mengirimkan seberkas gelombang ultrasonik yang memiliki kecepatan v, lalu diukur waktuyang dibutuhkan hingga datangnya pantulan dari obyek (t). Lamanya waktu ini sebanding dengan dua kali jarak sensor dengan obyek (R), sehingga jarak sensor dengan obyek dapat ditentukan dalam persamaan (2.19).
R = v x t/2                     (2.19)
SRF04 dapat mengukur jarak dalam rentang antara 3 cm – 3 m dengan output panjang pulsa yang sebanding dengan jarak obyek.
Sensor ini hanya memerlukan 2 pin I/O untuk berkomunikasi dengan mikrokontroler, yaitu TRIGGER dan ECHO. Untuk mengaktifkan SRF04 mikrokontroler mengirimkan pulsa positif melalui pin TRIGGER minimal 10 us, selanjutnya SRF04 akan mengirimkan pulsa positif melalui pin ECHO selama 100 us hingga 18 ms, yang sebanding dengan jarak obyek.
Seperti pada gambar 2.14 pulsa ultrasonik, yang merupakan sinyal ultrasonik dengan frekwensi 40 KHz sebanyak 8 siklus, dikirimkan dari pemancar Ultrasonik. Ketika pulsa mengenai benda penghalang,pulsa ini dipantulkan, dan diterima kembali oleh penerima ultrasonik. Dengan mengukurselang waktu ( kecepatan suara 1.125 feet per millisecond ) antara saat pulsa dikirim danpulsa pantul diterima, maka jarak benda penghalang bisa dihitung.
SRF-04 akan mengirimkan pulsa ultrasonik apa bila PI (triger pulse input ) selama 10 uSdan apabila telah menerima pantulan maka PO ( echo pulse output ) akan berlogika highselama 100 uS – 18 mS. Ini digambarkan pada gambar 2.15

Tidak ada komentar:

Posting Komentar